Halaman

Senin, 03 Juni 2019

Beberapa Submenu pada MS. Word










A. Drop Cap
Cara Membuat Drop Cap
  1. Klik pada paragraf yang huruf pertamanya akan dibuat Drop Cap.
  2. Pada tab Insert, grup Text, klik Drop Cap.
  3. Pilih posisi Drop Cap:
    • Dropped: Drop Cap ditempatkan dalam paragraf.
    • In margin: Drop Cap ditempatkan dalam margin.
  1. Ulangi langkah-langkah di atas bila ingin mengganti posisi Drop Cap.

B. Columns
Cara Membuat Kolom

1. Pilih orientasi kertas, pada Page Layout tab, Page Setup grup, klik Orientation. Pilih Portrait atau Landscape
2. Pilih kumpulan teks seperti contoh berikut.
3. Pada Page Layout tab, Page Setup grup, klik Columns.
4. Pilih Two untuk membuat dua kolom.
5. Pada contoh ini terdiri dari dua bagian:
  • Judul (Lorem Ipsum) = satu kolom.  
  • Isi = dua kolom. 

6. Pada kolom, teks akan mengalir sampai batas bawah halaman kemudian baru berpindah ke kolom selanjutnya.
7. Jika Anda tidak menginginkan teks sampai batas bawah halaman maka dapat menggunakan Column Break.
Caranya:
a.       Letakkan kursor di depan teks yang akan dipindahkan.
b.      Pada Page Layout tab, Page Setup grup, klik Breaks.
c.       Pada bagian Page Breaks, pilih Column.
d.      Microsoft Word akan memindahkan teks ke kolom berikutnya.


1C. Header dan Footer
  • Pertama silahkan kalian buat lembar kerja baru di office word
  • Atur kertas dan  atur ukuran margin yang akan kalian gunakan
  • Setelah itu masuk ke menu insert, kemudian untuk pertama silahkan kalian lakukan pengaturan pada bagian headernya, serta pilih tema yang akan kalian gunakan.
  • Setelah itu silahkan kalian ubah Pick the date menjadi tanggal pembuatan dokumen, dan ubah juga Type The Documen Title menjadi judul yang kalian inginkan
  • Setelah tulisan dan keterangan tersebut telah kalian ubah, langkah selanjutnya silahkan kalian double klik atau klik dua kali pada bagian area penulisan dokumen, sehingga akan nampak seperti pada gambar dibawah ini
  • Sampai disini, pembuatan header telah kalian buat
  • Selanjutnya mari kita lanjutkan ke pembuatan footer
  • Masih di bagian menu insert, dan sekarang kalian pilih menu footer , pilih tema yang akan kalian gunakan.
  • Dan kalian akan melihat tampilan sama seperti langkah diatas, silahkan kalian ganti tulisan yang ada di template tersebut kemudian setelahnya klik dua kali pada bagian area teks dokumen

D. Clip Art dan Watermark
Cara Membuat Watermark dari Teks
Catatan: Watermark hanya bisa dilihat di tampilan Print Layout dan Full Screen Reading.
  1. Pada Page Layout tab, Page Background group, klik Watermark.
  2. Lakukan hal berikut:
    • Jika ingin menggunakan watermark yang sudah tersedia di galeri, seperti teks Confidential atau Do Not Copy, klik pada teks tersebut.
    • Jika ingin membuat teks tersendiri, klik Custom Watermark untuk membuka kotak dialog Printed Watermark.
    • Klik Text watermark dan lakukan hal berikut:
      1. Klik pada kotak di samping Text, ketik teks yang diinginkan.
      2. Atur format pada Font (tipe font), Size (ukuran), dan Color (warna).
      3. Atur Layout watermark.
      4. Klik OK bila sudah selesai.
Cara Membuat Watermark dari Gambar
  1. Pada Page Layout tab, Page Background group, klik Watermark.
  2. Klik Custom Watermark untuk membuka kotak dialog Printed Watermark.
  3. Klik Picture watermark, dan kemudian klik Select Picture.
  4. Pilih gambar yang diinginkan dan kemudian klik Insert.
  5. Atur persentase ukuran gambar pada Scale.
  6. Centang kotak Washout agar warna gambar lebih transparan sehingga tidak mengganggu teks pada dokumen.
  7. Klik OK bila sudah selesai.


    E. Page Borde

    Cara Membuat Page Border

    Langkah-langkah:
    1. Pada tab Page Layout (Word 2007 – 2010) atau tab Design (Word 2013 ke atas), Page Background grup, klik Page Borders.
    2. Akan muncul Page Border tab pada kotak dialog Borders and Shading.
    3. Di bagian Setting, pilih bentuk bingkai yang diinginkan, misalnya:
      • Box: untuk membuat bingkai pada seluruh sisi halaman.
      • Shadow: untuk membuat bingkai dengan efek bayangan.
      • 3-D: untuk membuat bingkai dengan efek 3-D. Catatan: efek 3-D hanya bisa digunakan pada gaya garis tertentu saja.
      • Custom: untuk membuat bingkai pada sisi tertentu halaman. Caranya: di bagian Preview, klik tombol atas, bawah, kanan, atau kiri.
    4. Buat pengaturan pada:
      • Style: untuk menentukan gaya garis bingkai.
      • Color: untuk menentukan warna garis bingkai.
      • Width: untuk menentukan ketebalan garis bingkai.
      • Art: untuk memilih bingkai yang artistik, misalnya gambar bintang, pohon, dan lain-lain.
    5. Selanjutnya buat pengaturan pada Apply to:
      • Whole document: pilih pengaturan ini untuk memberi bingkai pada semua halaman dokumen.
      • This section: untuk memberi bingkai pada semua halaman di section tertentu.
      • This section – First page only: untuk memberi bingkai di halaman pertama section tertentu.
      • This section – All except first page: untuk memberi bingkai pada semua halaman di section tertentu kecuali halaman pertama.
    6. Untuk merubah bingkai halaman: pada Page Layout tab, Page Background grup, klik Page Borders. Buat perubahan yang diinginkan pada Page Border tab.
    7. Untuk menghapus bingkai halaman: pada Page Layout tab, Page Background grup, klik Page Borders. Untuk menghapus seluruhnya, di bagian Setting, klik None. Untuk menghapus sisi tertentu saja, klik tombol bingkai di bagian Preview.


    F. Smart Art

    1. Pada tab Sisipkan, dalam grup Ilustrasi, klik SmartArt.
    2.      Dalam kotak dialog Pilih grafik SmartArt, klik tipe dan tata letak yang diinginkan.
    3.      Masukkan teks Anda dengan melakukan salah satu hal berikut ini:
    o    Klik [Teks] di panel Teks, lalu ketikkan teks Anda.
    o    Salin teks dari lokasi atau program lain, klik [Teks] di panel Teks, lalu tempelkan teks Anda.

    G. Footnote dan Comment
    1. Buka Microsoft word 
    2. Tulislah dokumen/artikel yang ingin anda beri footnote
    3. Arahkan kursors pada bagian akhir kalimat, letakanlah kursor pada akhir kata/kalimat.
    • Selanjutnya, arahkan pada menu ribbon dan klik tab References (lihat pada bagian atas toolbar).
    Tab References                                 
    • Klik format lanjutan untuk footnote berupa tanda panah di sudut kanan bawah grup Footnote. maka seketika akan muncul jendela dialog pengaturan footnote and Endnote.
    Footnote and Endnote
    • Cek list Footnote pada opsi location, kemudian klik Insert.
    • Otomatis akan muncul angka kecil pada kalimat yang sudah ditandai dan garis pada bagian bawah dokumen word anda. Ketikan keterangan mengenai footnote tersebut di bagian bawah garis tersebut, sampai langkah ini anda sudah berhasil membuat footnote.
    Setiap Anda arahkan cursors pada bagian artikel yang diberi footnote, maka akan tampil keterangan yang ditulis tadi. Untuk membuat footnote lainnya anda cukup melakukan langkah yang sama seperti di atas.

     
     

Tidak ada komentar:

Posting Komentar